OPENING CEREMONY PPB EXPO 2015

S0753075

PPB Expo merupakan serangkaian kegiatan yang rutin diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Tahun ini HIMA PPB mengadakan sebuah inovasi baru, yaitu membuka serangkaian kegiatan PPB Expo dengan menyelenggarakan acara berupa Opening Ceremony PPB Expo 2015. Inti dari acara opening ini adalah untuk mempromosikan kegiatan-kegiatan dalam serangkaian PPB Expo yang akan dilaksanakan selama bulan November.

Selain itu, dalam kegiatan opening yang diselenggarakan pada hari Minggu, 25 Oktober 2015 mulai pukul 09.00-13.30 di Ruang Abdullah Sigit FIP UNY, juga ada pemilihan Duta BK UNY 2015. Duta BK UNY diikuti oleh 17 perwakilan kelas yang merupakan non-pengurus himpunan dari angkatan 2012 sampai angkatan 2015.

Duta BK UNY bertujuan untuk memfasilitasi teman-teman mahasiswa BK yang berbakat dan berwawasan. Pemenangnya nantinya akan menjadi icon BK UNY ketika mengadakan atau mendapatkan kunjungan dari universitas lain. Sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu, ‘Generasi Muda Bk Berwawsan, Berbakat, dan Berbudaya’. Aspek penilaian Duta BK UNY 2015 ini meliputi wawasan tentang isu-isu terkini yang ada di Indonesia, wawasan tentang ke-BK-an, bakat, attitude, dan penampilan. Juri dari pemiliha Duta BK UNY 2015 ini adalah Eva Imania Eliasa, M.Pd, Dr. Budi Astuti, M.Si, dan Dr. Diana Septi Purnama.

Di awal acara, 17 finalis diminta catwalk di atas karpet merah untuk menunjukkan penampilan mereka dengan dresscode batik seperti yang sudah ditentukan oleh panitia. Kemudian babak pertama, yaitu mengenai wawasan Indonesia. Finalis diminta menjawab pertanyaan yang sudah disiapkan oleh tim pembuat soal. Soal-soal tentang pendidikan, budaya, politik, ekonomi dan sosial secara acak dipilih oleh finalis, dan mereka menjawab pertanyaan tersebut dalam waktu 2 menit.

Selanjutnya babak kedua, yaitu wawasan ke-BK-an dan penampilan bakat. Dari 17 finalis yang mengikuti tahap pertama, diseleksi oleh juri menjadi 10 finalis di babak kedua. Pada babak kedua, 10 finalis satu persatu menjawab pertanyaan tentang ke-BK-an yang diberikan oleh juri sesuai dengan undian yang didapat. Materi pertanyaan tentunya sesuai dengan tingkatan semester para finalis. Setelah menjawab pertanyaan, finalis juga diminta menampilkan bakat apapun yang mereka miliki. Ada yang menampilkan tari tradisional, akustik, pidato berbahasa Jawa, nyinden Sunda, monolog dan sebagainya. Disini sangat terlihat bahwa mahasiswa BK memang kaya akan bakat dan potensi.

S0156015

Pada babak kedua, dari 10 finalis tersebut kembali di seleksi oleh juri menjadi 6 finalis. Enam finalis yang terpilih adalah Rizky Eka Prasetya, Fajar Ilham, Taufiq Februanto, Wahyi Dwi Ulfa, Ambar Fajriyah, dan Chahya Triana Della. 6 finalis ini yang akan mengikuti serangkaian acara PPB Expo dan kembali tampil pada acara Malam Puncak PPB Expo di akhir November nanti untuk menentukan siapa pemenang dari pemilihan Duta BK UNY 2015 ini. Selain 1 pasang pemenang Duta BK UNY, juga akan dipilih 1 orang finalis Duta BK terfavorit. Caranya adalah dengan mengumpulkan ‘like’ sebanyak-banyaknya pada foto yang sudah diposting di akun instagran HIMA PPB.
Tidak tanggung-tanggung, hadiah yang ditawarkan kepada pemenang Duta BK UNY 2015 adalah gratis studi komparatif ke Bandung, sertifikat, trophy dan uang pembinaan.
Jadi, dukung finalis DUTA BK favoritmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>