Mengenal PKM lebih dekat

_DSC0585Halo, teman-teman. Halo, selamat datang mahasiswa baru Bimbingan dan Konseling UNY 2016. Selamat dan sukses karena telah berhasil mengalahkan ribuan peserta lain untuk menduduki satu kursi di BK UNY. Selamat bergabung. Apa kabar? Semoga senantiasa dalam lindungan-Nya.

Teman-teman udah kenal belum sama HIMA PPB UNY? Nah, udah kenal juga belum sama divisi-divisi yang ada di dalamnya? Ada lima divisi, Pengurus Harian (PH), Pengembangan Profesi Konselor (PPK), Pengembangan Kaderisasi Mahasiswa (PKM), Pengembangan Olahraga, Seni, dan Sosial (POSES), dan Pengembangan Media dan Wawasan Ilmiah (PMWI). Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang Divisi PKM. #mengenalPKMlebihdekat

Pengembangan Kaderisasi Mahasiswa atau yang lebih kerap disapa PKM ini merupakan divisi yang mengembangkan potensi keorganisasian dan mengkader mahasiswa PPB FIP UNY dalam menyiapkan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdayaguna. Dalam rangka mewujudkan hal ini, maka pelaksanaanyaa dituangkan dalam beberapa program kerja.

Ada beberapa proker yang dijalankan oleh PKM, yaitu Up Grading, Pelatihan Organisasi (PO), OSPEK, Pelatihan Dasar Mahasiswa (PDM), Pelatihan Leadership Mahasiswa (PLM), dan Counselor Leadership Academy (CLA). Prokernya mantap kan gaes? 😀 Nah, kegiatannya ngapain aja sih? Yuk, kita lihat.

Up Grading. Proker ini sudah ada dari tahun ke tahun kepengurusan HIMA dengan tujuan mempererat hubungan internal pengurus HIMA, serta mengupgrade semangat pengurus HIMA PPB 2016 agar kepengurusan tetap berjalan dengan baik. Pesertanya sendiri adalah pengurus internal HIMA. Proker ini berjalan dengan sangat baik dan menimbulkan kesan tersendiri di benak masing-masing individu. Up Grading I diselenggarakan oleh kakak-kakak DPO 2016 yang tempatnya di Pantai Goa Cemara. Sembari mengupgrade diri kita juga bisa menikmati indahnya alam gaes :D. Untuk Up Grading II panitianya adalah pengurus HIMA sendiri, yaitu dari divisi PKM. UG II ini baru akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 Mei mendatang.

Pelatihan Organisasi atau yang sering disebut dengan PO ini merupakan proker lama yang tetap dipertahankan karena sangat dirasakan manfaatnya bagi pengurus HIMA. Nah, dalam PO ini dipaparkan materi mengenai job description dalam suatu kepanitiaan/ kepengurusan sehingga wawasan kepanitiaan pengurus HIMA menjadi bertambah. Harapannya dengan adanya PO ini dapat menambah profesionalitas kerja pengurus HIMA sendiri.
Berbeda dengan Up Grading dan PO yang ditujukan untuk pengurus HIMA, keempat proker lainnya ditujukan untuk mahasiswa baru. Bukti cinta kita untuk kalian teman-teman mahasiswa baru. 😀 Penasaran kegiatannya apa aja?

OSPEK. Proker ini selalu ada setiap tahunnya guna menyambut mahasiswa baru BK. Welcome adik-adikku yang cantik dan unyu-unyu. Haha. Tujuannya untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus dan civitas akademika khususnya jurusan PPB FIP UNY prodi Bimbindan dan Konseling. Tunggu ya di bulan Agustus mendatang.

Selanjutnya ada PLM, PDM, dan CLA. PLM atau Pelatihan Leadership Mahasiswa (PLM) merupakan proker lama sebagai wadah untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan mahasiswa baru PPB FIP UNY. Nah, bedanya sama PDM apa? Kalau PDM (Pelatihan Dasar Mahasiswa) itu dilaksanakan guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan diri khususnya sebagai mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Proker yang terakhir yaitu CLA (Counselor Leadership Academy) adalah proker baru sebagai follow up dari PLM yang meliputi kegiatan kepemanduan dan pelatihan. Penasaran? Ditunggu ya.
Nah, itu dulu teman-teman gambaran proker dari divisi PKM. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>