LKMM, TIGA HARI MEREFLEKSI DIRI

Jpeg

Keterampilan ber-organisasi sangatlah diperlukan oleh mahasiswa terutama pengurus ormawa, menanggapi hal tersebut, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Latihan Keterampilan dan Manajemen Mahasiswa ( LKMM ) pada 18-20 Februari 2015 lalu.

Kegiatan yang bertujuan untuk membekali para pengurus ormawa sebelum mereka memulai pengabdiannya di lembaga masing-masing ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh organisasi mahasiswa yang ada di FIP, yakni Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ), Dewan Perwakilan Mahasiswa ( DPM ), Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas ( UKMF ) Reality, UKMF KMIP, UKMF Music Camp, termasuk Himpunan Mahasiswa Psikologi Pendidikan dan Bimbingan ( HIMA PPB ). Setiap lembaga mengirimkan 8-10 orang untuk dibina dan diberi pengetahuan seputar rencana kerja fakultas, kepemimpinan, cara berkomunikasi, anggaran dana, mekanisme pencairan dana, manajemen organisasi, dsb.

LKMM yang berada di bawah tanggung jawab Unik Ambarwati, M.Pd. selaku staff kemahasiswaan FIP ini berlangsung selama 3 hari. Hari pertama diisi oleh pembukaan acara secara resmi di Ruang Abdullah Sigit, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Sedangkan pada hari kedua dan ketiga, kegiatan dilaksanakan di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Yogyakarta yang bertempat di Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Kegiatan pada hari kedua berlangsung hangat dan interaktif, setiap pembicara mampu mengajak mahasiswa untuk berfikir kritis serta tanggap terhadap berbagai hal yang terjadi dalam ranah organisasi. Bahkan meskipun acara berlangsung sampai malam, namun materi yang diberikan tetap mampu membuat peserta bersemangat dan merefleksi diri.

“Sebagai mahasiswa, terutama pengurus ormawa, anda harus mempunyai usia sejarah yang lebih panjang dari usia studi anda di UNY.” Ucap Wakil Dekan III FIP, Dr.Suwarjo, M.Si dalam salah satu sesi yang berlangsung pada malam hari.

Bagaimana cara menciptakan usia sejarah yang lebih panjang dari usia studi kita? Caranya adalah dengan mengukir prestasi sebaik-baiknya, mengikuti berbagai kompetisi baik dalam maupun luar negeri, memberikan kontribusi yang bermakna bagi lembaga, fakultas bahkan universitas, sehingga kita akan dikenang sebagai manusia yang pernah ada melalui karya-karya kita.

Pada hari ketiga, sekaligus hari terakhir pelatihan, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan menjalankan berbagai tugas yang terdapat di lima pos secara bergantian. Kegiatan ini berlangsung menyenangkan dan meriah, pasalnya setiap tugas yang berbentuk permainan tersebut membuat peserta belajar bekerjasama, membangun kepercayaan dengan orang lain, berfikir cepat dan tepat, serta meningkatkan persaudaraan dengan pengurus lembaga lain.

Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh serta mengabdikan diri dengan maksimal di lembaga masing-masing melalui berbagai ide dan program kerja yang sudah dipersiapkan sebaik-baiknya. Semangat berkarya! ( Ut/ppb )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>