Jurnal Club Self-Regulation

Foto Jurnal Club Prodi BK 2015 Rev1

Pada kamis, 7 Mei 2015, jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (PPB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan sebuah acara Jurnal Club yang bertajuk “Self-Regulation”. Acara yang diselenggarakan di ruang lab BK 1 ini adalah salah satu program kerja jurusan PPB yang diikuti oleh mahasiswa BK dari berbagai tahun angkatan. Selain dihadiri para mahasiswa, acara ini juga dihadiri oleh beberapa dosen jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan antara lain Isti Yuni Purwanti, M.Pd. , Nanang Erma Gunawan, P.hd. , Drs.Sugihartono, M.Pd. serta Dr.Budi Astuti, M.Si. Acara ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan konseling para mahasiswa BK sehingga nantinya dapat mencetak konselor-konselor yang memiliki keterampilan konseling yang baik.
Menurut Dr. Muhammad Nur Wangid, M.Si. self-regulation sangatlah penting untuk semua individu dari berbagai tingkatan usia. Self-regulation ini penting untuk pemecahan masalah, penalaran, dan pembuatan keputusan. Self-regulation dapat diaplikasikan dalam dunia pendidikan, atau biasa disebut self-regulation and academic learning. Self-regulation of learning mengacu pada keyakinan siswa mengenai kapasitasnya untuk bertingkah laku, berfikir dan merasakan untuk mengejar nilai-nilai tujuan akademiknya ketika refleksi diri dan merenungkan kemajuan mereka menuju penyelesaian tujuan.
Acara jurnal club ini berlangsung selama dua jam yang terdiri dari sesi materi dan sesi tanya jawab. Acara yang dibersamai oleh Dr. Muhammad Nur Wangid, M.Si. ini berlangsung dengan lancar dan penuh antusias dari para peserta, nampak terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan. (erliana)

One thought on “Jurnal Club Self-Regulation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>