BK UNY MENGGELORA!!!

Mahasiswa merupakan pelajar di perguruan tinggi yang memiliki peran lebih diantara pelajar-pelajar lainnya. Gelar ‘Maha’ diberikan kepada mahasiswa karena perannya sebagai agent of change, iron stock, dan social control. Sebagai agent of change, mahasiswa memiliki daya dan kontribusi yang besar bagi perubahan bangsa ke arah yang lebih baik lagi. Peran iron stock menjadikan mahasiswa sebagai generasi yang akan meneruskan kepemimpinan di masa depan, sedangkan peran control sosial menuntun mahasiswa untuk peduli terhadap kondisi lingkungan di sekitar mereka dan memberikan respon yang konstruktif akan hal itu.

Dalam melaksanakan peran tersebut, mahasiswa memerlukan suatu wadah yang bisa menyatukan cita-cita, harapan, dan pemikiran mereka menjadi satu kesatuan aksi nyata untuk Indonesia. Melalui wadah tersebut, mahasiswa dapat menyalurkan minat, bakat, dan pemikirannya untuk memberikan kontribusi menuju Indonesia yang lebih baik lagi, wadah ini biasa disebut sebagai organisasi. Terdapat berbagai jenis organisasi mahasiswa yang ada di Indonesia, salah satunya adalah organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang profesi bimbingan dan Konseling, yaitu Ikatan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Indonesia (IMABKIN).

Organisasi yang dipimpin oleh Muhammad Taslim Taswin dari Universitas Negeri Makassar sebagai ketua umum periode 2014-2016 ini didirikan pada tahun 2009, IMABKIN memiliki tujuan menjadi organisasi yang berfungsi sebagai wadah silaturahmi, pengembangan diri, dan mewujudkan eksistensi mahasiswa BK yang ada di seluruh Indonesia. Selain IMABKIN pusat yang mencakup seluruh wilayah Indonesia, terdapat pula IMABKIN Wilayah yang mencakup beberapa daerah dalam kesatuan wilayah tertentu, dan Imabkin Daerah yang mencakup prodi BK dari beberapa perguruan tinggi atau komisariat.

Sebagai suatu organisasi, IMABKIN haruslah memiliki program kerja yang dirumuskan dan dimusyawarahkan oleh pengurus dan anggota IMABKIN di wilayah atau di daerah yang bersangkutan. Oleh karena itu, pada bulan Mei 2016 IMABKIN Wilayah 2 dan IMABKIN Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Yogyakarta. Rakerda dan Rakerwil merupakan kegiatan perumusan program kerja IMABKIN Wilayah 2 dan IMABKIN DIY selama 2 tahun kepengurusan. Program kerja yang dirumuskan diharapkan dapat menjadi wadah penyaluran minat, bakat, dan keilmuan mahasiswa BK yang dapat diaplikasikan di masyarakat dan memberi kontribusi bagi dunia pendidikan Indonesia

Pada tahun ini, Bimbingan dan Konseling UNY dipercaya menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan kegiatan yang diikuti oleh 48 prodi BK dari berbagai universitas yang ada di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Yogyakarta sebagai kota pelajar dan UNY sebagai salah satu universitas dengan prodi BK tertua di Indonesia dianggap mampu menjadi saksi pergerakan IMABKIN menuju organisasi yang mempunyai eksistensi dan kontribusi di masyarakat pada umumnya dan di dunia pendidikan pada khususnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan mahasiswa BK dari berbagai universitas dapat saling bersilaturahmi dan menyalurkan ide, aspirasi, serta pemikirannya mengenai IMABKIN dan dapat berjalan beriringan mewujudkan eksistensi dan kejayaan Bimbingan dan Konseling di Indonesia.



(uut/mawas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *