Bedah Jurnal: “Wellness”

DSCF5523

Yogyakarta, 4 April 2014 – JURNAL CLUB adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh Jurusan Psikologi Pendidikan & Bimbingan (PPB) yang dilakukan dengan membahas Jurnal secara ilmiah yang bersifat ke BKan dalam rangka menambah wawasan mahasiswa serta dosen PPB agar dapat dikaji lebih jauh serta diaplikasikan.

Jurnal Club ini perdana dilaksanakan pada hari Jum’at jam 13.00-15.00 WIB. Kegiatan berlangsung di ruang sidang 1 Fakultas Ilmu Pendidikan. Peserta terdiri dari beberapa dosen dan mahsiswa jurusan PPB. Tidak semua dapat mengikuti acara ini dikarenakan jumlah kuota yang terbatas.

Untuk kegiatan ini pembicaranya yaitu Pak Nanang seorang dosen jurusan PPB yang baru saja menyelesaikan studinya di Ohio University. Materi yang dibawakan adalah mengenai Wellness yaitu keadaan seseorang dalam taraf diatas sehat secara fisik maupun psikis. Wellness sendiri adalah pengembangan bagian dari pendekatan dan pandangan dari Adler

Sebelum acara dimulai peserta diberi handout mengenai penjelasan tentang wellness yang nantinya dijadikan sebagai bahan pembahasan. Presentasi dimulai dengan berbagi cerita tentang pengalaman studi pembicara di Ohio Univercity serat momen saat bertemu dengan orang-orang yang berpengaruh dalam karir pembicara. Dilanjutkan dengan pembahasan materi sampai pukul 14.30. Sesi selanjutnya adalah tanya jawab dari beberepa audiensi yang salah satunya pertanyaan dari Dinar mahasiswa PPB angkatan 2011 mengenai bagaimana cara meningkatkan Wellness seseorang.

Menurut Pak Nanang, kegiatan ini menarik dan bisa menjadikan ajang bagi mahasiswa maupun dosen untuk berkomunikasi secara ilmiah diluar aktifutas kelas yang sifatnya terpaku dengan kurikulum. Acara ini adapat membantu saya menyampaikan “cerita” dan dapat di kaji bersama dengan mahasiswa.

Pembicara berharap tidak hanya dosen yang menyampaikan ide, namun mahasiswa juga dapat tampil dan dikaji bersama antara dosen dan mahasiswa. Dan seterusnya dapat mengkaji materi ini dalam dengan melkukan penelitian bersama.

Tanggapan pelaksana acara sendiri adalah acara jurnal club adalah agenda tahunan yang diadakan 4 kali dalam setahun dengan tema yang berbeda. Jurnal club diadakan untuk memfasilitasi mahasiswa PPB dan lulusan PPB untuk mmperluas wawasan tentang ke Bkan. Diharapkan ilmu yang di dapat nantinya bisa diaplikasikan baik untuk diri sendiri kemudian ke lingkungan. (Ihm/PMWI)

One thought on “Bedah Jurnal: “Wellness”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *