Artikel Tri Dharma Perguruan Tinggi

TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI
Oleh : Anita Rahayu

Tri dharma perguruan tinggi adalah suatu asas yang dipegang oleh seluruh perguruan tinggi di indonesia baik negeri maupun swasta. Dimana disini seorang mahasiswa memikul tanggungjawab yang tertuang di tri dharma perguruan tinggi, karena mahasiswa memiliki posisi penting sebagai pejuang terdepan dalam perubahan bangsa kita kearah yang lebih baik. Tri dharma perguruan tinggi mencakup 3 hal yaitu : pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat.
Pendidikan, sebagai seorang mahasiswa yang beintelektual tinggi sudah semestinya kualitas diri harus terus ditingkatkan agar mutu bangsa indonesia bertambah. Selama belajar di kampus seorang mahasiswa mendapatkan berbagai ilmu yang mereka dapat dari sumber yang berbeda. Dan sebagai seorang mahasiswa sebuah keharusan untuk menyebarluaskan ilmu yang mereka peroleh untuk masyarakat. Karena seorang mahasiswa mencari ilmu untuk agar dia dapat bemanfaat dimasyarakat bukan hanya mencari ilmu untuk dirinya sendiri. Seorang mahasiswa yang telah lulus dari universitas tempat mereka belajar harus mampu mentransfer ilmu mereka kepada masyarakat.
Penelitian dan pengembangan, sebuah gagasan tidak akan menjadi sebuah tulisan apabila kita hanya memikirkannya tidak menulisnya, seperti itulah ilmu, sebuah ilmu tidak akan bermanfaat jika kita mewujudkannya wujud nyata. Dengan penelitian seorang mahasiswa dapat bertambah lebih cakap dan disiplin serta akan menjadi paham tentang apa yang selama ini sudah mereka pelajari selama ini. Selanjutnya seorang mahasiswa yang telah melakukan penelitian diharuskan untuk mengembangkan dan menerapkannya di kehidupan masyarakat. Dimana semua ilmu yang telah mereka dapatkan bisa ditulis secara ilmiah melalui sebuah penelitian, karena penelitian dapat menambah pemahaman mahasiswa tentang ilmu yang telah mereka pelajari. Dan setelah itu dari hasil penelitian mereka kembangkan atau diimplementasikan di masyarakat unntuk membuat masyarakat yang lebih baik.
Pengabdian mansyarakat, sebagai mahasiswa apabila kita telah selesai melakukan masa studi kita di perguruan tinggi kita sudah pasti akan terjun di masyarakat, dimana kita mengabdi untuk masyarakat untuk membuat masyarakat menjadi lebih baik. Mahasiswa smenjak awal kuliah sampai lulus dipersiapkan dengan berbagai ilmu yang nantinya dapat disampaikan kepada masyarakat. Dan tujuan dari pengabdian masyarakat adalah membantu masyarakat agar mau dan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Hal ini berarti pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa harus menghasilkan output berupa masyarakat yang mandiri dengan memanfaatkan sumber daya yang ada disekitarnya.
Nah dan dari ulasan tri dharma perguruan tinggi diatas kita sebagai seorang mahasiswa harus sadar bahwa kita memikul begitu banyak tanggungjawab yang ada dipundak kita. Kita berkesempatan untuk belajar di perguruan tinggi bukan hanya untuk bersenang-senang kita disini dipersiapkan untuk masyarakat, kita belajar untuk masyarakat yang tidak memiliki kesempatan kuliah seperti kita kita adalah orang yang nantinya harus bisa membuat indonesia bisa lebih baik lagi, lebih maju. Untuk itulah kita belajar di perguruan tinggi. Semangat kawan buat indonesia lebih baik agar kita bangga jadi anak indonesia.

TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI
Oleh : Antonius Ian Bs

Tri dharma perguruan tinggi merupakan salah satu tujuan pencapaian yang harus dicapai oleh seluruh civitas akademika. Pencapaian ini ada 3, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga hal ini harus dicapai untuk menciptakan mahasiswa yang inovatif, cerdas, berkarakter, berpikir kritis dan mandiri. Tri dharma perguruan tinggi juga dapat dikatakan sebuah kewajiban yang dibebankan kepada setiap mahasiswa. Maka dari itu, mahasiswa harus paham dengan yang dimaksud tri dharma perguruan tinggi tersebut.
1. Pendidikan dan pengajaran
Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara merupakan proses pembudayaan yakni suatu usaha memberikan nilai-nilai luhur kepada generasi baru dalam masyarakat yang tidak hanya bersifat pemeliharaan tetapi juga dengan maksud memajukan serta memperkembangkan kebudayaan menuju ke arah keluhuran hidup kemanusiaan. Pendidikan merupakan salah satu jalan untuk tercapainya insan yang cerdas dan pandai dengan terus dibekali latihan dan pengajaran yang bermutu. Sebagai mahasiswa fakultas ilmu pendidikan yang notabene nya disiapkan sebagai calon pengajar dan tenaga pendidik tentu saja pendidikan dan pengajaran merupakan poin yang sangat penting. Di harapkan mahasiswa mampu menjadi seorang pengajar yang berkualitas dan berkompeten dalam bidang yang ditekuni, bentuk follow up nya adalah untuk menciptakan pendidikan yang bermutu dan mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai yang tercantum dalam pembukaan undang-undang dasar.
2. Penelitian dan pengembangan
Dalam hal ini mahasiswa diharapkan dapat memberikan inovasi baru dalam mengembangkan ilmu dan teknologi yang berdaya guna untuk kemajuan bangsa serta sejahtera nya masyarakat. Dari penelitian dan pengembangan inilah diharapkan mahasiswa dapat berperan penting sebagai agen perubahan dengan memberikan sumbangsih ilmu dan gagasan nya dalam bentuk karya nyata.
3. Pengabdian Masyarakat
Mahasiswa pada hakikat nya adalah dilahirkan dari masyarakat dan akan kembali pada masyarakat. Artinya adalah ilmu yang sudah kita dapatkan dari perguruan tinggi negeri yang sangat komplek itu alangkah baiknya kita aplikasikan kepada masyarakat dalam bentu pengabdian, hal ini dapat berupa KKN atau P2M. Tujuan dari hal ini adalah sebagai wujud nyata mahasiswa untuk memajukan masyarakat lewat pengembangan ilmu dan segala yang diperoleh dari perguruan tinggi untuk ditularkan kepada masyarakat luas. Mahasiswa diharapkan dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan masyarakat dan berkontribusi nyata untuk mendengarkan aspirasi masyarkat. Mahasiswa diajak untuk mengenal lebih dalam lingkungan masyarakat yang tertinggal, tertinggal dalam hal ekonomi maupun pendidikan.
Jadi, tri dharma perguruan tinggi merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap civitas akademika sebagai wujud nyata pendidikan sendiri. Karena peran mahasiswa sebagai agent of change, social control dan iron stock dapat dipenuhi apabila mahasiswa sudah menjalani tri dharma tersebut. Dengan begitu mahasiswa bukan sebatas penyandang gelar diploma, sarjana, doktor, magister saja. Tetapi mahasiswa adalah mereka yang mampu menularkan ilmu nya kepada yang lain dan dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat.

TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI
Oleh : Naafi’ Fajar Oktaviana

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah hal-hal dasar yang harus ada dalam perguruan tinggi. Adanya Tri Dharma dalam perguruan tinggi, menandakan adanya keseriusan dalam perguruan tinggi tersebut untuk memajukan tingkat pendidikan di Indonesia, yaitu dengan cara memberikan pendidikan yang berkualitas bagi setiap mahasiswanya.
Tanggung jawab Tri Darma Perguruan Tinggi sebenarnya diberikan kepada seluruh komponen yang ada di perguruan tinggi tersebut, namun lebih ditekankan pada dosen dan mahasiswanya. Karena dosen dan mahasiswa mempunyai keterkaitan satu sama lain yang sangat mendasar.
Seperti pada namanya, Tri Dharma Perguruan Tinggi memiliki tiga kewajiban dalam perguruan tinggi yakni :
1. Pendidikan dan Pengajaran Sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Dengan adanya pendidikan di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta mahasiswa diharapkan dapat berproses dan menjadi bibit unggul bagi bangsa Indonesia. Dengan cara, saat berlangsungnya pendidikan dan pengajaran di perguruan tinggi, hendaknya mahasiswa mampu aktif dalam pembelajaran, tidak hanya dosennya saja yang selalu menyampaikan materi. Dengan ini, mahasiswa juga akan merangsang daya pikirnya sehingga ilmunya akan berkembang, tidak hanya stagnan berjalan di tempat.
2. Penelitian dan Pengembangan Sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi
Dalam menuntut ilmu, mahasiswa diharapkan tidak hanya sebatas tahu, namun mengerti dan mampu menjadi pencipta untuk perkembangan zaman di masa depan. Perguruan tinggi tanpa adanya penelitian juga akan dianggap sebagai perguruan tinggi yang tidak produktif. Selain itu, perguruan tinggi tanpa adanya penelitian akan dianggap sebagai perguruan tinggi yang tertinggal.
Jadi, setiap fakultas dan jurusan dari perguruan tinggi diharapkan dapat merancang sebuah rencana baik berupa pengembangan dalam hal teknologi maupun pengembangan-pengembangan yang lain, dan dapat merealisasikannya dalam masyarakat/ lingkungan.
3. Pengabdian Masyarakat
Dosen ataupun mahasiswa harusnya dapat memberikan perubahan di masyarakat, perubahan dalam hal positif tentunya. Hal ini dapat dilaksanakan dengan memberikan pengabdian kepada masyarakat. Semua itu dengan ilmu yang telah didapatnya saat diperguruan tinggi. Mahasiswa hendaknya mampu merealisasikannya demi kemajuan lingkungan masyarakatnya, seperti apabila kita menjadi mahasiswa yang merantau/ jauh dari kampung halaman, ketika tiba waktunya kembali ke kampung halaman, mahasiswa mampu mengabdikan dirinya terjun ke masyarakat untuk membangun desanya. Mahasiswa harus bisa mengeksplore keilmuannya dengan aksi-aksi yang bermanfaat bagi orang banyak.

ARTIKEL KETERKAITAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI
Oleh : Samsul Zali

Ketika melakukan sesuatu tentu harus disertai dengan visi dan misi. Tanpa adanya visi dan misi serta tujuan yang jelas dan terarah, maka hal yang akan terjadi akan cenderung kepada ketidaksesuaian antara ekspektasi dengan realita yang terjadi. Sehingga, sangat penting agar bagaimana kita harus mampu menuliskan setiap visi, misi, tujuan agar apa yang kita ekspektasikan dapat kita ingat selalu, dapat menjadi pendorong ketika hal yang mungkin kita lakukan untuk mencapai jalan itu gagal, dan disinilah peran pentingnya tujuan sebagai pengingat atau alarm yang mampu mengingatkan kita atas tujuan yang akan kita capai.
Kita tentu telah mengetahui apa itu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ya, Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan salah satu visi, misi, dan tujuan yang menjadi pencapaian yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi tersebut karena setiap perguruan tinggi haruslah mampu melahirkan orang-orang yang memiliki semangat juang yang tinggi, yang mampu mencetak mahasiswa yang kritis, kreatif, dan inovatif. Sehingga mahasiswa pun juga harus mengetahui betul tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi itu sendiri. Adapan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat digolongkan menjadi 3 pokok utama yakni:
• Pendidikan dan Pengajaran
• Penelitian dan Pengembangan
• Pengabdian kepada Masyarakat
Ketiga unsur tersebut sangat berkaitan erat satu sama lain. Artinya ketiga unsur ini membentuk siklus yang terus menerus berputar sepanjang diri kita masih mampu berpikir dan mau belajar. Dalam hal ini, unsur yang bisa dikatakan pondasi dari unsur-unsur yang lain adalah Pendidikan dan Pengajaran. Dengan adanya proses pedagogis atau pendidikan dan pengajaran tersebut akan memberikan khasanah ilmu pengetahuan dan keterampilan pada bidang-bidang tertentu bagi mahasiswa sehingga terbentuklah mahasiswa-mahasiswa yang unggul dan mampu bersaing dengan harapan mampu menjadi generasi emas yang akan membawa Negeri yang kita cintai ini lebih maju.
Lalu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh mahasiswa tersebut tidak akan bisa dibuktikan tanpa adanya pengaktualisasian diri terhadap ilmu pengetahuan dan keterampilan itu sendiri. Sehingga dengan adanya Penelitian dan Pengembangan ini, mahasiswa mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, keterampilan, kreativitas, inovasi terhadap suatu hal sesuai keilmuan masing-masing sehingga dengan demikian terlihat adanya suatu bentuk aktualisasi dan pengembangan dari ilmu pengetahuan yang sudah didapatkn mahasiswa itu sendiri.
Kemudian yang menjadi wujud konkrit setalah adanya proses Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan adalah Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat dapat diwujudkan dengan memanfaatkan ilmu pengentahuan dan hasil dari penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan tersebut. Maka jelaslah, bahwanya Tri Dharma Perguruan Tinggi ini haruslah dipahami betul oleh setiap mahasiswa, maupun sivitas akademik dan elemen-elemen yang terdapat didalamnya. Sehingga apa yang menjadi tujuan dapat tepat mengenai sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *