Artikel Efektivitas E-Counseling

Artikel tentang Efektivitas E-counseling

Evektifitas E-Konseling
Oleh : Nimas Irfanul Firdausy

Seiring dengan perkembangan zaman telah banyak berbagai developer aplikasi membuat berbagai macam aplikasi untuk sebuah perangkat elektronik dengan berbagai operating system. Dengan adanya sebuah aplikasi tersebut diharapkan dapat membantu dalam mempermudah umat manusia dalam kesehariannya. Tidak hanya melalui sebuah aplikasi, penggunaan internet yang semakin lama semakin menjamur membuat para web developer membuat berbagai macam website yang dapat membantu seseorang dalam kesehariannya, contohnya E-Konseling.
E-Konseling adalah sebuah layanan internet yang ditujukan untuk seseorang yang sedang membutuhkan konseling dengan menggunakan fitur internet sebagai media seperti video conference, email, chatting, bahkan sebuah aplikasi (iOS, android). Dengan melalui media itulah diharapkan dapat membantu klien yang membutuhkan konseling untuk beberapa kasus yang mereka alami melalui jarak jauh, dengan begitu E-konseling ini dapat memberi kemudahan serta manfaat untuk orang yang membutuhkannya.
Banyak keuntungan yang diperoleh dari E-Konseling diantaranya klien tidak perlu jauh jauh untuk mengunjungi tempat Konseling, hanya dengan menggunakan jaringan internet klien dapat melakukan konseling dengan mentor secara private dan aman melalui berbagai macam media diatas. Walaupun menggunakan media sebagai sarana konseling dan tidak secara face to face klien dan mentor harus tetap mematuhi etika serta ketentuan dalam konseling itu sendiri. Kekurangan dari E-konseling yaitu hanya dalam segi media yang dipergunakan karena tidak semua orang mempunyai media serta belum dapat mengakses internet mungkin perkembangannya akan terhambat serta faktor seperti sumber daya listrik, kerusakan perangkat juga dapat mempengaruhi kelancaran E-Konseling.
Walaupun perkembangan e-konseling akhir akhir ini surut karena berbagai faktor diantaranya keterbatasan konselor bahkan kurangnya minat masyarakat akan e-konseling diharapkan kepada konselor masa depan untuk mengembangkan layanan yang sangat berguna bagi seseorang yang ingin melakukan konseling secara praktis, mudah dan efisien. Serta sosialisasi akan pentingnya konseling bagi seseorang melalui program – program yang diselenggarakan oleh mahasiswa dewasa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>