Artikel Bimbingan Karier di SMP

Berikut adalah artikel yang dibuat oleh teman-teman Counselor Leadership Academy dengan tema bimbingan karier di SMP.

Pentingkah Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Pertama?
Oleh : Ana Hidayatun

Bimbingan karir di Sekolah Menengah Pertama merupakan proses bantuan yang diberikan oleh konselor sekolah atau guru BK kepada setiap siswa dengan tujuan pemberian informasi karir dan pekerjaan sehingga muncul kesadaran pada diri siswa untuk memilih sekolah lanjutan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki. Bimbingan karir memberikan kesempatan pada siswa untuk melibatkan diri secara aktif dalam suatu proses pengungkapan karir. Guru BK dalam hal ini sangat dituntut untuk memberikan arahan kepada siswa agar mempunyai wawasan awal yang objektif tentang pendidikan lanjutan dan lapangan pekerjaan, memberikan bekal tambahan dalam melalui masa peralihan yang sistematis dari status siswa menjadi anggota masyarakat yang produktif, serta memberikan kesempatan untuk mengenal serta membina sikap, minat, dan nilai terhadap dunia kerja. Pada jenjang Sekolah Menengah Pertama, siswa berada pada masa transisi dari anak-anak menuju dewasa, mereka dianggap “labil” sehingga perlunya bimbingan dari orang-orang di sekitarnya. Siswa di jenjang ini sedang mencari dan menggali bakat, minat serta kemampuannya. Namun hanya sedikit yang dapat menemukan serta mengembangkan minat dan bakatnya, kebanyakan dari mereka justru masih dalam proses penyesuaian diri dengan lingkungan dan keadaan baru. Dengan kata lain, mereka belum menemukan bahkan belum menggali bakat terpendamnya. Mereka mempunyai alasan kuat mengapa belum menjatuhkan pilihannya pada hal yang dianggap sesuai dengan bakat, minat serta kemampuannya. Banyak diantara mereka mempunyai pengetahuan yang sangat minim tentang karir ataupun pekerjaan yang dilakukan orang dewasa. Mereka menganggap belum saatnya untuk memikirkan masalah tersebut. Hal tersebut merupakan kesalahan besar, karena bimbingan karir bukan hanya membahas pekerjaan yang akan ditekuni setelah lulus sekolah nanti, namun juga membahas serta menggali bakat-bakat serta potensi-potensi siswa yang tidak mustahil akan menjadi prestasi yang membanggakan nantinya.
Jadi, bimbingan karir di Sekolah Menengah Pertama sangatlah penting untuk mencari bakat-bakat unggul sedini mungkin serta menjadi pedoman untuk bimbingan di Sekolah Menengah Atas ataupun Kejuruan sesuai kemampuan masing-masing.

Apa sih Arti Penting Konseling Karier untuk Jenjang SMP?
Oleh : Anggun Krisnawati

Yuk,kita ketahui dahulu apa sih sebenernya Konseling Karier itu? Konseling? Apa itu? Karir? Konseling ialah merupakan proses antar pribadi yang didesain untuk mengarahkan siswa / individu yang memiliki problem psikologis,pribadi sosial,akademik maupun karir. Sedangkan karir adalah rangkaian sikap dan juga perilaku yang berhubungan dengan pengalaman serta aktivitas kerja. Jadi, perlu kita garis bawahi dan tentunya pahami apa maksud dari Konseling Karier ialah sebagai kombinasi dari berbagai aktivitas dan pengalaman individu dimana melalui berbagai aktivitas dan pengalaman tersebut individu – individu memperpersiapkan diri mereka untuk bekerja baik bekerja untuk mendapatkan imbalan atau gaji atau hbahkan bukan untuk itu selama hidup mereka. Tak cukup itu loh, Konseling Karir merupakan fasilitas untuk menolong orang dalam mengembangkan keterampilan – keterampilan hidup (life skills), nilai dan minat pribadi, penghargaan terhadap kerja dan komitmen pada masyarakat pada umumnya dan pada peserta didik pada khisusnya dan kemawasan diri.

Dimasa-masa pendidikan menengah pertama atau yang sering kita sebut dengan SMP,masih gegana dalam hal emosional,pengambilan keputusan dan mencari jati diri. Dalam mata kuliah psikologi perkembangan, sudah kita ketahui bukan ? Masa SMP merupakan tahap perkembangan remaja dimana,dalam kurun waktu ini mereka merasa kesulitan dalam berbagai hal karena merupakan masa transisi dari SD ke (SMP usia anak-anak menuju ke masa remaja awal) proses pencarian jati diri dan belajar serta merta berusaha bagaimana mereka bisa menyelesaikan tugas perkembangan mereka baik tugas individu ataupun tugas yang di harapkan oleh lingkungannya. Memang masih terlalu awal sih untuk mengenalkan kepada mereka apa pentingnya jika mereka disajikan bagaimana arti penting Konseling Karir. Akan tetapi,akan lebih bermakna jika kita mengetahui hal-hal yang menarik sebelum kita melangkah lebih dahulu. Setidaknya kita memiliki gambaran atau planning untuk menggapai cita-cita kita kedepannya.

Kita ulas terlebih dahulu yuk,apa tujuan dan manfaatnya Konseling Karir bagi anak-anak SMP.
Tujuan Konseling Karir :
a. Mengenal berbagai jenis jabatan yang terbuka dan sekaligus bermakna serta memuaskan, menghayati semua nilai yang diamali oleh masyarakat yang berorientasi pada kerja.
b. Menjadi mampu untuk mengambil keputusan rasional sehubungan dengan tujuan – tujuan yang ingin diperjuangkan dalam bidang kegiatan/aktivitas vokasional.
c. Melaksanakan keputusan secara nyata dalam bentuk mengintegrasikan semua nilai yang terkandung dalam bekerja serta semua sikap yang dituntut dalam bekerja dalam seluruh gaya hidupnya.
d. Memperoleh kemahiran – kemahiran intelektual, pengetahuan, sikap – sikap, dan keterampilan umum serta khusus yang diperlukan untuk mulai bergerak di pasar kerja, dan mengadakan perencanaan bagi pembangunan masa depannya sendiri.

Manfaat Konseeling Karir :
a. Memiliki bekal akademik, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan fluktuasi perubahan dalam dunia masyarakat.
b. Mempunyai tata cara bekerja yang baik dan tepat dalam melakukan segala sesuatunya.
c. Berpegang pada nilai – nilai yang mendorong mereka mau bekerja keras.
d. Dimudahkan dalam mempertimbangan dengan matang terhadap data dan fakta tentang diri sendiri serta penawaran kesempatan memperoleh pendidikan tambahan, sebelum akan memasuki lingkungan suatu jabatan.

Semakin terbuka wawasannya kan anak-anak SMP untuk mengisi waktu luang mereka? Disamping itu Konselor di SMP akan lebih aktif lagi dan profesi para Konselor akan lebih jelas.Jika kita amati juga Konselor di sekolah-sekolah hanya mengurusi anak-anak nakal saja padahal,peran Konselor di SMP sangatlah penting untuk anak remaja yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya yaitu SMA. Mau dibawa kemana anak-anak SMP sekarang jika mereka belum tahu esok hari akan mennentukan pilihan jurusan mereka yang menunjang profesi mereka. Kemantaban perlu disiapkan mulai sekarang.

Pentingkah Bimbingan Karir di SMP?
Oleh : Depradhanti Sumarsi

Bimbingan karir di SMP memiliki peranan penting dalam membantu siswa mencapai kemandirian dalam aspek perkembangan wawasan dan kesiapan karir. Untuk mencapai kompetensi tersebut siswa perlu memiliki karakter kemandirian dalam mengambil keputusan karir. Dengan memiliki karakter kemandirian siswa akan mempunyai kepercayaan diri dan bertanggung dalam melakukan sesuatu, sehingga siswa mampu mengenali dirinya sendiri dan dapat menentukan pilihan karir untuk masa depannya sejak dini.
Bimbingan Karir tidak hanya diberikan untuk siswa saat memasuki bangku SMA saja. Saat memasuki bangku SMP siswa juga perlu untuk dibimbing dalam penentuan karir. Tetapi karir yang diarahkan untuk siswa SMP adalah karir yang difokuskan pada kelanjutan studi nya setelah lulus dari SMP nya nanti. Tetapi tidak menutup kemungkinan siswa setelah lulus dari SMP nanti memutuskan untuk bekerja. Namun akan lebih baiknya sebagai guru BK mengarahkan agar siswa-siswa nya dapat melanjutkan studi nya ke jenjang yang lebih tinggi. Disamping itu tujuan bimbingan karir di SMP juga dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk melibatkan diri secara aktif dalam suatu proses yang dapat mengungkapkan berbagai macam karir yang mereka inginkan. Melalui proses bimbingan tersebut diharapkan siswa menyadari dirinya, kemampuannya, dan hubungan antara keduanya dengan berbagai karir yang ada dalam masyarakat.
Melalui guru pembimbing (guru BK) yang mulai mengenalkan karir pada siswa-siswanya ,maka siswa akan mendapatkan berbagai informasi tentang karir sehingga dapat membina sikap dan apresiasinya terhadap jenis pendidikan, jenis pekerjaan, dan menelusuri hubungan antara kerja dan waktu luang, memperluas minat kerja, serta memberikan berbagai informasi tentang pekerjaan sehingga memunculkan kesadaran siswa untuk menentukan pilihan pekerjaannya dimasa datang sesuai dengan kemampuan nya masing-masing. Sehingga dengan adanya pengarahan atau bimbingan mengenai karir bagi siswa SMP ,para siswa dapat menentukan pilihan yang terbaik untuk dirinya sendiri apakah akan melanjutkan ke jenjang selanjutnya ataukah akan mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan nya.

Pentingkah bimbingan karir di sekolah menengah pertama?
Oleh : Desi Tri Wulan dari

Masa sekolah menengah pertama merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Di masa inilah para siswa harus beradaptasi dengan lingkungan yang lebih luas. Kemandirian yang lebih sangat dibutuhkan di masa menengah pertama ini. Pada masa ini mulai belajar bertanggung jawab lebih, seperti mulai adanya kepengurusan kelas, OSIS di sekolah, ekstrakulikuler.
“Bimbingan karir adalah proses pemberian bantuan kepada siswa dalam memehami dan berbuat atas dasar pengenalan diri dan mengenal kesempatan kerja, mampu mengambil keputusan sehingga yang bersangkutan dapat mengelola pengembangan kariernya”. (Manrihu, 1988:18)
Seperti kutipan diatas bimbingan karir diperlukan unutk siswa/i di SMP. Mengapa? Kerena dimasa SMP ini para siswa akan menentukan lanjutan jenjang berikutnya mungkin di SMA atau SMK, yang akan berdampak pada pekerjaan para siswa/i kelak. Untuk sebab itu peran guru bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan guna memberi informasi mengenai berbagai macam sekolah lanjutan. Semakin cepat mereka mengetahui berbagai macam sekolah lanjutan akan semakin baik, karena bisa mempertimbangkan minat dan bakat yang mereka miliki.
Tujuan umum dari bimbingan karir itu sendiri adalah “Memahami siswa dalam memahami diri dan lingkungannya dalam mengambil keputusan, merencanakan dan pengarahan kegiatan-kegiatan yang menuju kepada karier dan cara hidup yang akan memberikan rasa kepuasan karena sesuai, serasi, dan seimbang dengan dirinya dan lingkungannya”. (Sukardi,1984 : 31)
Pemberian bimbingan karir ini bisa dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan misalnya dengan cara menulis cita-cita mereka awalnya, atau dengan menghadirkan nara sumber yang dapat memberi tahu tentang SMA/SMK bidang tertentu, atau dengan menampilkan video tentang pekerjaan tertentu kemudian menyampaikan apa yang mereka pikirkan tenatang perkerjaan tersebut maka akan timbul diskusi.
Karena rasa penasaran yang amat besar kerap dialami oleh usia remaja dijenjang SMP ini. Informasi yang tepat dan akurat dapat lebih mengarahkan mereka. Mereka juga akan lebih meningkatkan minat belajar ketika mereka ingin menjadi seorang dokter maka mereka harus pintar sehingga dapat diterima jenjang berikutnya yang baik agar kelak dapat diterima di jurusan kedokteran. Atau jika mereka ingin menjadi seorang tentara bisa dengan dimulai latihan fisik atau olahraga secara teratur.

Pentingkah bimbingan karier di Sekolah Menengah Pertama ?
Oleh : Milati Mugia Rahayu

Di era globalisasi ini, semakin banyak peluang dan tantangan untuk memillih dan menentukan karier, apabila dalam pemilihan karier salah atau kurang tepat maka karier itu pun tidak akan sesuai dengan harapan dan akan berdampak pada kualitas yang akan di hasilkan dari karier tersebut . Oleh karena itu, bimbingan karier pada sekolah menengah pertama perlu dan sangat penting untuk di galakkan karena peluang dan tantangan yang akan di hadapi oleh induvidu khususnya peserta didik sangat kompleks .
Bimbingan karier di sekolah menengah pertama merupakan salah satu proses bantuan kepada siswa/i dalam rangka pemberian informasi mengenai karier dan pekerjaan untuk menumbuhkan kesadaran pada diri siswa untuk memilih karier dan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat serta kemampuan yang di miliki . Karena pada tahap usia sekolah menengah pertama sudah mulai mencari identitas diri, konsep belajarnya pun sudah memasuki tahap pemahaman yang baik dimana informasi yang di peroleh mengenai karier sudah dapat di pahami dengan baik dan sudah mulai memikirkan mengenai impiannya di masa depan. Pada tahap ini, seorang konselor dapat mengarakan peserta didiknya untuk dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didiknya untuk menggali bakat, keterampilan dan kemampuan yang di miliki seoptimal mungkin agar dapat mengambil langkah studi lanjutan dengan tepat dan sesuai dengan bakat dan minat. Selain itu, seorang konselor juga dapat memberikan gambaran mengenai pekerjaan-pekerjaan atau jabatan-jabatan secara riil yang ada di masyarakat untuk memberikan motivasi kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat merancang sedini mungkin mengenai karier di masa depannya. Dan dapat mempersiapkan untuk menempati karier sesuai dengan yang di harapkan.
Kemudian, seorang konselor jugan dapat memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk mengetahui bakat dan minat yang dimiliki peserta didik agar peserta didik dapat menentukan langkah awal bagaimana mencapai karier atau pekerjaan yang sesuai dengan cita-citanya. Karena apabila peserta didik sudah dapat menentukan bakat dan minat yang di miliki maka peserta didik akan mengembangkan dan menggali potensi yang di miliki untuk dapat berkembang sehingga dapat menghasilkan prestasi yang baik dalam bidangnya.
Dalam dunia kerja dewasa ini banyak pekerjaan-pekerjaan yang dilakuakan tidak sesuai dengan bidang keahliannya, salah satu nya di sebabkan oleh kurangnya pemahaman akan diri sendiri mengenai bakat dan minat yang dimiliki dan kurangnya informasi yang di terima mengenai pentingnya memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki karena akan berdampak kepada kualitas pekerjan yang di hasilkan .
Oleh karena itu, bimbingan karier sangat penting dilakukan pada sekolah menengah pertama karena untuk mempersiapkan generasi-generasi yang bekualitas untuk mengisi semua jenjang karier atau pekerjaan yang dapat memberikan pengaruh positif pada lingkungan kerja maupun lingkungan di masyarakat. Dan dengan adanya persiapan yang matang pada peserta didik dalam menyiapkan karier di masa depannya, dapat mengurangi jumlah angka pengangguran di masyarakat serta mengurangi jumlah angka kemiskinan karena dengan memiliki pekerjaan yang baik maka otomatis pendapatan pun akan sesuai dengan apa yang dihasilkan .

Pentingnya Bimbingan Karier di Sekolah Menengah Pertama
Oleh : Nia Nurhalimah

Sekolah merupakan tempat dimana individu membentuk dan melatih kemampuannya dalam menjalankan kehidupannya. Menurut Robert L. Gibson dan Marianne H. Mitchell dalam bukunya Bimbingan dan Konseling (hal : 481) ada tiga pengalaman umum yang dihadapi manusia. Pertama, perkembangan atau pertumuhan yang dimulai sejak individu itu lahir. Kedua adalah pendidikan yang juga dimulai sejak lahir (pendidikan non formal) hingga sampai akhir hidupnya (pendidikan sepanjang hayat). Ketiga adalah kerja yang kebanyakan dimulai dari usia muda dan terus berlanjut ke masa dewasa. Semua hal itu diperoleh individudari sekolah.
Dari pemaparan Gibson dan Mitchell tersebut kita dapat memahami bahwa selain siswa dididik dan diberi pemahaman mengenai perkembangan nya juga dibutuhkan bimbingan mengenai karier yang nantinya akan dipilih oleh siswa tersebut.
Karier atau pekerjaan merupakan suatu aktifitas yang nantinya harus dilakukan oleh setiap individu untuk memenuhi kegiatannnya dan juga untuk mendapatkan hasil dari pekerjaan nya demi memenuhi segala kebutuhan dalam kehidupan. Pemahaman mengenai karier atau pekerjaan ini harus sudah diberikan sejak SMP bukan saja agar siswa memiliki gambaran karier masa depannya tetapi juga sebagai stimulan pengembangan pendidikan siswa. Dengan mengetahui gambaran karier yang diinginkan siswa , siswa dapat menyesuaikan pendidikannya misalnya seseorang yang ingin menjadi seorang konselor akan memilih sekolah yang nantinya memudahkan ia menjadi seorang konselor, dalam hal ini juga nantinya akan memudahkan siswa SMP untuk memilih meluanjutkan ke SMA atau SMK dengan jurusan-jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Karenanya dengan bimbingan karier diharapkan siswa juga mampu memahami hbungan antara pendidikan dan karier karena bisa jadi karier dan minat siswa muncul dari salah satu pelajaran tertentu disekolah. Selain itu dengan adanya bimbingan karier sejak dini akan memberikan gambaran-gambaan perubahan yang mungkin terjadi dalam dunia pekerjaan misalnya seperti pasar global, dan persaingan pekerjaan yang saat ini sudah di tingkat nternasional sehingga siswa mampu mempersiapkan dirinya untuk menghadapi persaingan pekerjaan yang nanti akan ia hadapi.
Jadi bimbingan karier di Sekolah Menengah Pertama adalah hal yang sangat penting bagi siswa untuk menentukan rencana pendidikan yang akan ia tempuh guna mencapai karier yang gemilang dan mendapatkan kepuasan atas karier atau pekerjaan yang ia miliki.

Pentingkah bimbingan karir di sekolah menengah pertama?
Oleh : Novita Riyani

Karir menurut pendapat saya adalah suatu usaha kegiatan setiap individu dalam mengembangkan potensi ,bakat ,minat dan peluangnya yang dari itu dapat merencanakan dan memenuhi kebutuhannya setiap hari dan di masa depan
Bimbingan karir yaitu salah satu jenis bimbingan yang berusaha membantu individu dalam memecahkan masalah karir,untuk memperoleh penyesuaian diri sebaik-baiknya antara kemampuan dengan lingkungan hidupnya,memperoleh keberhasilan dan perwujudan diri dalam perjalanan hidupnya
Karir dalam kehidupan manusia adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam setiap individu dimana karir ini adalah menentukan masa depan kita nantinya , pengetahuan bimbingan karir biasanya dalam konteks bimbingan dan konseling di berikan konselor(atau bisa guru BK) kepada individu untuk lebih memahami dan berbuat atas dasar pengenalan diri dan pengenalan kesempatan-kesempatan dalam pekerjaan ,pendidikan ,dan waktu luang ,serta mengembangkan keterampilan-keterampilan mengambil keputusan sehingga yang bersangkutan dapat menciptakan dan mengelola perkembangan karirnya,bimbingan karir tidak hanya di berikan kepada individu yang siap bekerja atau akan mencari pekerjaan tapi bisa di berikan juga kepada para pelajar khususnya pelajar SMP yang walaupun perencanaan karirnya masih dalam jangka panjang tapi dari sejak dinilah kita seharusnya memberikan pengetahuan tentang bimbingan karir agar para pelajar bisa melihat potensi ,minat ,bakat dan peluangnya sehingga nantinya itu semua bisa dikembangkan pada penentuan karir.Bimbingan karir pada pelajar SMP juga memiliki peranan penting dalam membantu siswa mencapai standar kompetensi kemandirian dalam aspek perkembangan wawasan dan kesiapan karir.Untuk mencapai kompetensi tersebut siswa perlu memiliki karakter kemandirian dalam mengambil keputusan karir,dengan ini juga siswa akan mempunyai kepercayaan diri dan bertanggung jawab dalam melakukan sesuatu .
Sebagai usaha pendidikan ,bimbingan karir mempunyai fungsi penunjang pelaksanaan kurikulum yang berlaku.Maka bimbingan karir memusatkan pendidikan utama pda individu siswa dan penciptaan situasi belajar yang berpusat dan bertolak dari siwa-kebutuhannya ,cita-cita pendidikan dan karirnya ,ciri-ciri pribadinya dan masalahnya.Pimpinan pendidikan yang peduli akan mutu layanan bimbingan dan keberhasilan dlam pencapaian tujuan akan mengusahakan tenaga yang mempunyai kualitas penuh ,baik kualifikasi personal maupun kualifikasi profesional.Banyak sekolah program bimbingannya ditangani tenaga kerja yang tidak berlatar belakang pendidikan khusus bimbingan,umumnya guru kelas yang sudah tua,berumur atau yang dinasnya sudah lama.Sementara konselor yang berpendidikan S1 ditempatkan di sekolah-sekolah ,jumlah mereka masih jauh dari mencukupi.Konselor sekolah seyogyanya memenuhi kualifikasi profesional ,disamping kualifikasi pribadi.Dan para pelajar juga lebih memperhatikan akan pentingnya bimbingan karir yang di berikan kepada guru BK ,karena semua itu tidak lain demi menentukan masa depan para pelajar nantinya.

Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Pertama
Oleh : Risa Tahera

Bimbingan karir merupakan sebuah bimbingan yang menjurus pada sebuah karir atau pekerjaan yang cocok dengan tugas perkembangan individu. Sejak berada di usia dini (Tk-SD), seseorang sudah mendapatkan sebuah pengertian apa itu karir. Individu sudah diperkenalkan dengan berbagai bidang pekerjaan seperti guru, dokter, pilot, dan sebagainya. Maka dari itu, sejak masih duduk di bangku taman kanak-kanak para individu sudah memiliki sebuah cita-cita, menjadi seperti apa kelak ketika mereka dewasa nanti.
Sekolah menengah pertama merupakan suatu tahap dimana individu menginjak usia remaja. Di masa ini, individu mengalami pubertas dan proses pencarian jati diri. Di sekolah menengah pertama ini individu sudah lebih dijuruskan tentang apa potensi yang dimilkinya dan karir yang diinginkanya. Konselor yang berada di sekolah mereka memberikan sebuah bimbingan tentang karir, sehingga mereka mampu memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang dimilkinya.
Tujuan adanya sebuah bimbingan karir di sekolah menengah pertama adalah agar individu melibatkan diri secara aktif dalam penentuan karir di masa depannya. Individu diperkenalkan berbagai jenis sekolah lanjutan tingkat menengah atas dan mengenal jenis pekerjaan. Misalnya, seseorang dengan bakat di bidang perhitungan, maka ketika menginjak sekolah menengah atas individu tersebut masuk di jurusan ilmu pengetahuan alam. Individu juga di berikan beberapa contoh pekerjaan yang cocok untuk tamatan sekolah menengah pertama.
Jadi sebuah bimbingan karir itu sangat diperlukan ketika masih duduk dibangku sekolah menengah pertama, karena pada masa itu merupakan masa awal pencarian jati diri seseorang.

Pentingkah bimbingan karir di Sekolah Menengah Pertama ?
Oleh : Riska Yuliani

Bimbingan karir di SMP merupakan proses bantuan yang diberikan oleh konselor sekolah kepada siswa dalam rangka pemberian informasi karir dan pekerjaan sehingga muncul kesadaran pada diri siswa untuk memilih pekerjaan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki.
Fungsi dari adanya bimbingan karir untuk siswa SMP adalah untuk memberikan arahan kepada siswa supaya mereka bisa menentukkan langkah mereka selanjutnya untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas atau yang mereka inginkan. Akan tetapi sebisa mungkin sebagai konselor sekolah, kita perlu mengupayakan supaya para siswa SMP tersebut tidak putus sekolah. Ada banyak alasan mengapa dari sekian banyak siswa ada beberapa yang memilih untuk tidak melanjutkan pendidikannya. Ada yang beralasan karena keterbatasan biaya, tidak di perbolehkan orangtua, bahkan ada pula yang memutuskan untuk menikah muda di usia dini yang sekiranya masih tergolong dalam usia di bawah umur (bisa di katakan usia anak-anak). Selain ketiga alasan diatas, ada satu alasan yang paling sering dilakukan jika tiada pilihan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, yaitu bekerja setelah lulus dari SMP. Biasanya mereka akan menerima segala pekerjaan yang di tawarkan, mengingat kembali bahwa ijazah mereka hanya sebatas ijazah SMP saja. Pekerjaan-pekerjaan yang mereka dapatkan tersebut juga masih tergolong pekerjaan-pekerjaan yang berpendapatan rendah, seperti Pegawai Toko, Asisten Rumah Tangga, bahkan sebagai kuli panggul di pasar. Padahal usia mereka belum termasuk ke dalam kelompok masyarakat usia kerja. Tak seharusnya mereka melakukan pekerjan-pekerjaan yang tak seharusnya mampu mereka kerjakan, mengingat usia mereka yang belum sesuai. Padahal banyak dari mereka yang mengalami putus sekolah setelah kelulusan SMP merupakan atau tergolong dalam siswa yang memiliki prestasi yang cukup baik di sekolah dan ada sebagian dari mereka yang sebenarnya berkeinginan untuk melanjutkan sekolah akan tetapi terbentur mengenai masalah biaya, sehingga sangat di sayangkan jika mereka harus
Maka dari itu tugas kita sebagai konselor sekolah amat sangat diperlukan dalam hal ini. Untuk mengetahui apa permasalahan sebenarnya yang menjadi belenggu para siswa selama ini yang mengalami putus sekolah setelah lulus dari SMP itu, pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu apa bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing siswa, supaya bisa dikembangkan secara optimal sehingga bakat, minat, dan kemampuan atau keterampilan yang mereka miliki bisa teroptimalisasi dengan baik dan menambah daya produktifitas mereka. Selain membantu para siswa dalam memilih kemana mereka akan melanjutkan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas atau sederajat, akan tetapi adanya bimbingan karir di SMP juga membantu para siswa dalam mempersiapkan rencana masa depan mereka atau dalam rangka untuk membantu mewujudkan cita-cita yang mereka impikan. Namun tugas konselor sekolah hanya sebatas memberikan saran, arahan, atau pertimbangan , atau sedangkan segala keputusan bergantung pada para siswa itu sendiri. Karena sejatinya merekalah yang akan menentukan nasib atau cita-cita mereka untuk kehidupan mereka di masa depan kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>