Arti Jargon HIMA PPB FIP UNY 2014

unite

 “United In Differences (Bersatu dalam Perbedaan)”

Tengoklah Indonesia temanku, Indonesia adalah bangsa yang besar, beraneka ragam suku, tiap-tiap suku memiliki bahasa sendiri-sendiri. bermacam-macam juga pemeluk agamanya. Lihatlah perbedaan-perbedaan itu, jangan jadikan perbedaan memisahkan kita, tapi jadikan perbedaan itu sebuah kekuatan, dengan perbedaan itulah kita bersatu padu dalam INDONESIA, dengan perbedaan itulah maka kita sadar hidup ini saling melengkapi, dengan perbedaan itulah maka kita dapat merasakan keindahan. Perbedaan bukan hal yang harus dihilangkan, tapi hal yang harus di-bersatu-kan.

Bersatu adalah menjadi satu-kesatuan, menjadi satu-kesatuan tanpa menghilangkan perbedaan-perbedaan itu. Ini sesuai dengan semboyan negara kita Bhinneka Tunggal Ika. “Apakah itu Bhinneka?” Bhinneka dapat diartikan beraneka ragam atau berbeda-beda. “Apa itu Tunggal?” tunggal dapat diartikan satu, dan. “Apa itu Ika?” ika dapat diartikan itu. Jadi Bhinneka Tunggal Ika dapat diartian berbeda-beda tetapi tetap satu-kesatuan yaitu Indonesia. Kita semua harus bangga tinggal di Indonesia, tinggal di bangsa yang kaya akan perbedaan, tinggal di bangsa yang kaya akan keindahan, tapi itu semua juga bergantung pada kita, mau kita apakan bangsa kita. Maka bersatulah temanku dan Indonesia akan Jaya.

Teman-teman pasti bertanya, lalu apa kaitannya dengan jargon himpunan mahasiswa kita? Aku gambarkan himpunan mahasiswa kita sebagai Indonesia yang memiliki keanekaragaman suku, budaya, ras, agama dan kepercayaan, yang bersatu atas berbedaan itu. Lalu aku gambarkan teman-teman pengurus sebagai rakyat di bangsa Indonesia, dan aku gambarkan jargon kita “United In Differences (Bersatu dalam Perbedaan)” sebagai Bhinneka Tunggal Ika yang menyatukan kita. Inilah dia miniatur bangsa Indonesia, yang didalamnya beraneka ragam suku, budaya, ras, agama dan kepercayaan yang tetap bersatu. Aku bangga dengan kalian semua (Proba, Ipit, Inas, Erma, Maul, Aimma, Chalida, Nurul, Lutfi, Liba, Lintang, Randes, Bias, Pipit, Fajar, Ilham, Rohmah, Wahyi, Khilsa, Hana, Indita, Rufaida, Azqia, Azis, Rachman, Wahyu, Nano, Yulia, Dian, Rini, Dara, Angga, Putri, Ambarini, Fauzi, Izaa, Aisyah, Arif, Alefia, Adam, Fitria, Rizki, Dila, Triska, Cristine, Ammi, Mei, Iffa)

Yogyakarta 07 Juni 2014

Wildan Isnaini Yahya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>